Apa Itu Direksi Keet dan Fungsinya?

Apa Itu Direksi Keet Dan Fungsinya-  Istilah Direksi Keet mengacu pada kantor lapangan yang digunakan oleh pekerja konstruksi dan infrastruktur. Direksi keet merupakan bangunan yang selalu ada selama pengerjaan suatu proyek konstruksi.

 

 

Padahal, sebelum proses konstruksi dimulai, kantor lapangan ini harus ada terlebih dahulu agar pekerjaan bisa berjalan lancar. Kehadiran kantor lapangan ini mutlak sehingga tercantum dalam surat rencana persiapan proyek pembangunan. Gedung kantor lapangan ini bentuknya sederhana dengan ukuran yang biasanya tidak lebih dari 24 meter persegi.

 

 

Kantor lapangan semi permanen ini dibangun dengan menggunakan panel sandwich. Pin akan menemukan kantor lapangan ini dalam bentuk portabel yang dapat dirakit. Bentuknya bisa disesuaikan dengan selera perusahaan dan kontraktor konstruksi. Sifatnya yang praktis membuat kantor lapangan ini dapat digunakan kembali untuk proyek lain.

 

 

Fungsi Penggunaan Direksi Keet Prefabrikasi Yang Praktis

 

 

Direksi Keet memiliki peran penting untuk tujuan pembangunan. Baru kemudian bisa dibangun sesuai dengan apa yang ada di proyek. Fungsinya juga sangat krusial karena menentukan bisa atau tidaknya pembangunan. Berikut penjelasan lengkapnya:

 

 

Kantor Administrasi

 

 

Fungsi gedung ini untuk keperluan kantor administrasi. Sebab, selain proyek yang terjadi di lapangan, penataan administrasi juga harus dilakukan. Untuk memudahkannya diperlukan gedung darurat untuk administrasi.

 

 

Hal ini agar dapat menjaga keamanan dokumen atau surat-surat penting lainnya. Gedung ini juga dapat digunakan untuk mendiskusikan desain yang memerlukan perencanaan ulang. File ini nantinya dapat diambil kembali saat dibutuhkan tanpa harus pergi ke kantor yang sebenarnya.

 

 



 

 

Kontrol proyek

 

 

Fungsi dari Direksi keet modular yaitu untuk kontrol proyek. Sebuah proyek jelas membutuhkan tempat untuk memantau semua format kegiatan dan kemajuan yang sedang dilakukan. Ini adalah tugas kontraktor yang bekerja sama dengan konsultan terkait.

 

 

Sehingga dibutuhkan lokasi yang nyaman dan tertutup untuk mencari solusi yang sesuai dengan kebutuhannya. Di dalam gedung terdapat fasilitas penunjang untuk memudahkan pelaksanaan pengendalian konstruksi.

 

 

Pusat Komunikasi

 

 

Fungsi selanjutnya dari gedung ini sebagai pusat komunikasi. Bangunan sandwich ini dapat diterapkan pada pusat komunikasi masing-masing pihak terkait. Hal ini terkait dengan rencana proyek dan hal-hal lain yang perlu didiskusikan oleh konsultan dan kontraktor.

 

 

Mereka membutuhkan tempat yang nyaman untuk mengadakan pembicaraan sehingga masing-masing pihak dapat memberikan saran. Di gedung ini akan banyak kesepakatan dan solusi yang akan muncul nantinya.

 

 

Baca Juga: STTI NIIT I-Tech | Sebuah Review Kampus Swasta di Jakarta

 

 

Penyimpanan Berharga

 

 

Selanjutnya fungsi diireksi keet untuk penyimpanan barang berharga. Dalam pelaksanaan proyek ini digunakan barang-barang berharga tertentu yang penting untuk menunjangnya. Bahan yang dibutuhkan adalah dokumen, surat, kotak P3K atau koper dari kontraktor. Jika tidak ada bangunan yang menampung benda-benda tersebut, jelas akan tercecer dan hilang. Saat dibutuhkan untuk menemukannya juga akan sulit.

 

 

Tempat Promosi

 

 

Konstruksi bangunan ini harus sebaik mungkin dengan desain yang unik. Dengan cara ini, ketika seseorang datang mengunjungi proyek, mereka dapat langsung mengamati hasil pekerjaan konstruksi.

 

 

Bangunan ini juga bisa diterapkan untuk menerima tamu penting dalam percakapan agar lebih nyaman. Kalau ngobrol di ruang terbuka, jelas akan sulit karena kondisinya tidak kondusif. Apalagi jika cuaca tidak mendukung jelas akan merusak suasana. Sesuai dengan fungsi direksi keet yang ada, pengadaan memang harus diperhatikan. Apalagi setelah proyek selesai gedung ini bisa dibongkar dan diaplikasikan lagi untuk proyek selanjutnya.

 

 

Tempat Tinggal Sementara Pekerja Konstruksi

 

 

Proyek konstruksi dan infrastruktur umumnya akan memakan waktu berbulan-bulan hingga berbulan-bulan. Untuk menghemat waktu, para pekerja konstruksi yang bertugas menggunakan kantor lapangan ini sebagai tempat tinggal sementara mereka selama proyek berlangsung.

 

 

Demikian penjelasan dari saya tentang apa itu Direksi Keet dan fungsinya semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.