5 Tips dan Cara Mengatasi Serta Menghilangkan Rasa Malas

BACHRI.comSangatlah penting untuk mengetahui tips dan cara mengatasi bahkan menghilangkan rasa malas. Karena selain akan mengganggu produktifitas, kemalasan juga dapat menjadi pertanda adanya masalah pada kesehatan. Telah banyak berbagai fakta medis yang mendefinisikan bahkan mengungkapkan dampak dari rasa malas itu sendiri. 

 

 

Dari mulai korteks premotor pada otak orang malas tidak menyala karena koneksinya terputus bahkan hingga rasa malas sudah dikategorikan sebagai penyakit, karena rasa malas berlebihan dapat memicu penyakit seperti obesitas, diabetes, hipertensi bahkan depresi.

 

 

Mungkin banyak diantara kamu yang mencari bagaimana cara menghilangkan rasa malas di Internet, namun untuk melakukan itu semua rasanya kamu malas karena memang sudah terlanjur menjadi pemalas. 

 

 

Namun tulisan kali ini berbeda, karena cara yang akan disajikan mungkin belum pernah kamu baca di blog lain sebelumnya. Berikut ini cara mengatasi serta menghilangkan rasa malas yang cukup mudah kamu lakukan versi Bachri.com:

 

 

Pahami Definisi Kemalasanmu

 

 

Sebelum kamu benar-benar melakukan proses untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa malasmu, kamu harus benar-benar mengetahui mengapa kamu menilai dirimu itu pemalas? 

 

 

Apakah karena kamu selalu menikmati untuk melakukan kegiatan yang kamu sadari itu hanya menghabiskan waktu yang kamu miliki dan kamu tidak mendapatkan hasil apapun selain kepuasan sementara yang semu? Atau mungkin karena kamu selalu kalah dengan mood yang kamu miliki sehingga kamu merasa harus terus memanjakan dirimu dengan “Gak ngapa-ngapain”?

 

 

Ya, kamu harus benar-benar tahu hal apa yang membuat kamu menilai bahwa dirimu sendiri itu seorang pemalas sebelum kamu mau menghilangkan rasa malas itu sendiri dari hidupmu.

 

 

Dimulai Dari Tidur

 

 

Dalam penggalan lirik lagunya yang berjudul Don’t look back in anger, grup band Oasis pernah menyampaikan “I’m gonna start a revolution from my bed” (;”Saya akan mulai sebuah revolusi dari kasur”). Untuk berevolusi dari kebiasaan bermalas-malasan, mulai lah atur jam tidur. Kebiasaan rebahan sambil scrolling media sosial memang nikmat tiada tara, namun jika kamu tetap melakukannya dominan di semua waktu yang kamu miliki dalam satu hari, bahkan pada saat dimana waktunya kamu seharusnya tidur, maka tinggal tunggu waktu, kebiasaan itu bisa menghancurkan kamu. Perbaikilah jam tidurmu terlebih dahulu sebelum kamu benar-benar bisa menghilangkan rasa malasmu.

 

 

Bangun Pagi

 

 

Yang senang begadang dan merasa dirinya night person pasti mengernyitkan dahi melihat tips nomor dua ini. Sesulit inikah? Ya! semua akan sulit jika tidak tahu caranya. Sebenarnya cara untuk bangun pagi tidak melulu harus tidur jam 9 malam. Sudah dibahas pada artikel berikut ini: 

 

[su_box title=”Cara Agar Tetap Bangun Pagi Walaupun Begadang di Malam Hari” style=”soft” box_color=”#000000″ radius=”5″][su_posts template=”templates/teaser-loop.php” id=”163″ posts_per_page=”4″ tax_operator=”NOT IN” order=”desc” ignore_sticky_posts=”yes”][/su_box]

 

 

Lakukan Tahapan Kecil

 

 

Cara ini dinilai sangat ampuh untuk melatih mental melakukan sesuatu yang sangat malas rasanya untuk dilakukan. Contohnya kamu sudah berencana untuk memulai Workout pada hari ini, namun tiba-tiba timbul rasa malas sehingga kamu bimbang untuk memulai workout  atau tidak? Nah, dengan cara ini, jika kamu merencanakan workout namun kamu tahu kamu pemalas, kamu tidak perlu memikirkan workout terlebih dahulu. 

 

 

Kamu coba bangun saja dulu dari tempat tidurmu, jika saat bangun kamu masih bimbang untuk workout atau tidak? Coba ganti dulu pakaianmu dengan pakaian yang siap untuk menyerap keringat. Jika saat sudah mengganti pakaian, kamu masih bimbang untuk workout atau tidak? Coba kamu cari video tentang workout saja dulu, begitu seterusnya sampai kamu mulai gerakan pertama dan akhirnya mau tidak mau kamu melakukannya.

 

 

Cara ini tidak hanya berlaku untuk workout, namun juga hal lainnya. Cara ini membagi tujuan besar menjadi tujuan-tujuan kecil yang lebih mudah kamu lakukan. Malas mengerjakan tugas? Nyalain laptop saja dulu, Malas mandi? ambil handuk saja dulu, malas kerja? Melangkah keluar rumah saja dulu. sederhana bukan?

 

 

Jauhkan Gangguan Internal dan Eksternal

 

 

Gangguan internal bisa dikatakan yang muncul dari dalam diri seperti rasa malas, tidak mood, menunda dan sebagainya. Sedangkan gangguan eksternal dipicu oleh hal di luar diri seperti notifikasi media sosial, aplikasi atau game yang membuat kecanduan.

 

 

Cara menjauhkan gangguan internal adalah dengan mempermudah akses menuju hal yang seharusnya dilakukan. Contoh, apabila hari ini kamu ingin mengerjakan tugas kuliah namun kamu malas untuk buka laptop, maka siapkan dan biarkan laptop dalam keadaan terbuka di tempat yang mudah kamu jangkau, di kasurmu misalnya. 

 

 

Cara menjauhkan gangguan eksternal, adalah dengan menghambat gangguan eksternal tersebut. Contoh di sela-sela mengerjakan tugas kuliah, kamu selalu tergoda untuk cek media sosial hingga lama. Saat kamu sedang mengerjakan tugas kuliah, coba letakan smartphone di belakang laptopmu, kalau perlu install aplikasi pemblokir notifikasi sementara dan install launcher dengan tampilan teks (tidak ada logo sosial media).

 

 

Intinya jika kamu malas melakukan sesuatu, mudahkan akses ke sesuatu tersebut. jika kamu sering terdistraksi sesuatu, persulit akses menuju sesuatu tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.