7 Tips Cepat Belajar Berbahasa Inggris Secara Otodidak

BACHRI.com – Jika saat ini anda membaca Artikel ini, berarti anda ingin mendapatkan cara cepat untuk belajar dan menguasai bahasa inggris. Tuntutan untuk lancar berbahasa inggris, tidak hanya didapatkan oleh pelajar yang ingin mendapatkan nilai baik dalam pelajaran bahasa inggris ataupun mahasiswa yang ada di jurusan bahasa inggris. Namun lebih luas lagi, di era global ini bahkan Tukang Ojek sekalipun dituntut untuk bisa berbahasa Inggris meskipun pasif.

 

 

Beruntungnya, terbukanya akses informasi saat ini bukan sekedar basa-basi, sehingga membuat mereka yang belum bisa berbahasa inggris dapat mengakses bagaimana cara dan metode yang membuat orang-orang dapat menguasai bahasa inggris atau bahkan bahasa lainnya dengan begitu cepat. Berikut ini 7 cara cepat belajar bahasa inggris versi Bachri.com

 

 

Speech Shadowing

 

 

Speech Shadowing adalah mengulang apa yang dibicarakan Native Speaker saat itu juga setelah orang yang melakukan speech shadowing mendengarnya. Speech Shadowing ini dapat dipraktekkan dengan cara menonton video berbahasa inggris atau mendengarkan audio berbahasa inggris dari Native Speaker. Sambil mendengarkan apa yang diucapkan, saat itu juga anda berusaha untuk menirukan tanpa mempedulikan salah ataupun benar penulisannya. Cara ini dapat melatih kemampuan pelafalan atau pengucapan (Pronounciation) dalam berbahasa inggris.

 

 

Menonton Film Delay Subtitle

 

 

Cara ini cukup ampuh untuk melatih pendengaran atau Listening dalam bahasa inggris, untuk melakukan cara ini, kamu tinggal setting subtitle film (bahasa inggris) delay selama 2000 millisecond, jadi setelah pemeran dalam film berbicara, teks nya akan terlihat tidak lama setelahnya.

 

 

Berkomunikasi Dengan Orang Berbahasa Asing

 

 

Kamu tahu Rich Brian? ya! Rich Brian mengungkapkan, dirinya bisa berbahasa Inggris, selain karena sering menonton video tutorial rubik berbahasa inggris juga karena ia sering berhubungan dengan teman-teman native speaker secara virtual melalui Skype. Nah, pertanyaannya bisakah kita meniru cara Rich Brian tersebut? Bagaimana kalau kamu tidak punya teman orang bule? Tenang! kamu bisa mengunjungi situs Free4talk disini. Situs ini merupakan situs yang cara kerjanya mirip aplikasi Clubhouse, namun isinya orang-orang asia yang sedang juga mencari partner berbicara atau chating bahasa inggris.

 

 

Jadi di website ini kamu dan orang-orang berbahasa asing di luar sana sama-sama sedang belajar bahasa Inggris dan ketika kamu bergabung dalam satu room dengan orang-orang tersebut, mau tidak mau kalian berbicara atau mengetik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi, karena bahasa utama kalian berbeda satu sama lain

 

 

Memahami Makna Kata

 

 

Semakin banyak kosakata yang kamu kuasai dalam bahasa inggris, semakin mudah kamu untuk menyusun kata menjadi sebuah kalimat dalam bahasa inggris. Untuk itulah kamu harus sering-sering memahami makna dari kata perkata, bukan hanya mengetahui artinya saja.

 

 

Contoh alat yang bisa kamu gunakan untuk belajar mengetahui makna dari suatu kata, kamu bisa gunakan aplikasi smartphone semacam U-Dictionary dan sebagainya di Smartphone kamu. Dengan memahami makna dari kata per kata, kamu akan terlatih untuk menggunakan kata yang tepat dalam suatu konteks.

 

 

Mendeskripsikan Benda di Sekitar

 

 

Di sekitarmu saat ini pasti terdapat benda-benda yang dapat kamu lihat. Coba kamu deskripsikan benda tersebut sesuai dengan kemampuan bahasa Inggrismu. Sering-sering saja melakukannya. Contoh, semisal saat ini kamu sedang memegang Smartphone, Coba kamu deskripsikan smartphone kamu itu dengan bahasa inggris. Misalnya, “This thing is small, i can use it to call my family, etc…” tidak masalah bahasa inggris seadanya pun tidak mengapa. Karena dengan cara ini kamu dapat melatih kecepatan respon mu dalam bahasa inggris.

 

 

Membaca Tulisan Berbahasa Inggris

 

 

Untuk memulai membaca tulisan-tulisan dalam bahasa inggris, mulailah dulu dengan artikel yang topiknya memang kamu minati. Misal saat ini kamu sedang tertarik dengan mata uang digital, maka carilah artikel 1-2 halaman yang membahas mata uang digital dalam bahasa inggris. Tidak masalah jika kamu tidak mengerti, baca saja terus sampai kamu terbiasa membacanya. Jika ada kata yang benar-benar kamu tidak mengerti, carilah di kamus hanya untuk kata yang tidak kamu mengerti saja. ingat hanya untuk kata yang benar-benar kamu tidak mengerti. Dengan membaca tulisan berbahasa inggris, tentu saja kamu akan melatih kemampuan membaca dalam bahasa inggris yang kamu miliki.

 

 

Pengulangan

 

 

Semua tips di-atas akan sia-sia apabila hanya sekali kamu lakukan. Jangankan sekali, tips di atas juga akan sia-sia apabila kamu lakukan berkali-kali pun namun frekuensinya tidak berulang. Inilah inti dari cara cepat belajar bahasa inggris, kamu perlu yang namanya pengulangan. Kamu perlu mempraktekannya berulang-ulang. Seperti iklan di TV yang terus berulang, kamu pasti lama-kelamaan akan hafal diluar sadar dengan dialog pada iklan TV tersebut. Begitu juga dalam belajar bahasa inggris, jika kamu ingin menguasai bahasa inggris otomatis tanpa berpikir, kamu butuh melakukan pengulangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.