Cara Cepat Tidur Yang Bisa Anda Terapkan

Cara Cepat Tidur Yang Bisa Anda Terapkan – Tidur lebih awal dan bangun pada waktu yang sama setiap hari adalah cara terbaik untuk mempertahankan ritme tidur yang teratur. Susah tidur di malam hari seringkali mengakibatkan bangun tidak sesuai rencana semula. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, dampaknya bisa mempengaruhi mood hingga sulit berkonsentrasi.

 

 

Coba cari kebutuhan tidur Anda, orang dewasa biasanya membutuhkan tidur tujuh jam di malam hari agar bangun pagi merasa bugar. Setelah itu, atur waktu untuk berangkat dan bangun. Patuhi jadwal, termasuk pada hari libur.

 

 

Rekomendasi tidur yang baik berkisar antara 7-8 jam. Namun terkadang sulit untuk memenuhi rekomendasi tersebut jika banyak deadline pekerjaan proyek yang harus dipenuhi, belum lagi hal-hal sepele lainnya yang Anda temukan sehari-hari justru membuat stres semakin memuncak. Berikut adalah beberapa Cara Cepat Tidur agar Anda bisa bangun di pagi hari.

 

 

Jangan Makan Malam Menjelang Waktu Tidur

 

 

Pencernaan membutuhkan waktu yang lama, dan tentunya Anda tidak ingin langsung berbaring setelah makan. Segera tidur setelah makan dapat meningkatkan kadar asam lambung dan memicu mulas. Terkadang juga bisa menyebabkan sensasi terbakar di perut, dada, dan tenggorokan. Sisakan ruang yang cukup antara makan malam dan waktu tidur Anda.

 

 

Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

 

 

Pada malam hari, suhu tubuh turun dan kita mulai merasa lelah, mengantuk, dan lesu. Semakin dingin suhu tubuh, semakin kurang motivasi kita untuk melakukan aktivitas penting, seperti bernapas dan memompa darah.

 

 

Atur Suhu Kamar

 

 

Baca Juga: Cara Membuat Website Gratis Dengan Google Sites

 

 

Suhu ruangan yang ideal untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak adalah 20-23°C. Jika Anda termasuk orang yang tidak suka dingin, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan AC atau kipas angin pada waktu tidur Anda. Karena AC juga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering setelah bangun tidur.

 

 

Jangan Main Hp Atau Laptop Di Tempat Tidur

 

 

Melatonin adalah hormon alami tubuh yang diproduksi oleh kelenjar pituitari yang membantu Anda tidur, hanya di malam hari. Jadi, ketika Anda mematikan lampu di kamar tidur Anda dan berhenti mengutak-atik ponsel Anda sebelum tidur, otak dan mata Anda mulai mengirimkan sinyal ke kelenjar pineal Anda untuk mulai memproduksi melatonin.

 

 



 

 

Yoga Atau Meditasi Sebelum Tidur

 

 

Olahraga ringan yang dibarengi dengan sesi relaksasi nafas pendek 10-20 menit sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, namun jangan berlebihan karena justru tubuh Anda akan semakin lelah dan dapat terganggu dari tidur.

 

Yoga atau meditasi bisa menjadi jalan keluar yang ampuh melawan insomnia, tidak hanya untuk menenangkan pikiran dari stres pekerjaan, tetapi juga mempersiapkan tubuh untuk tidur malam yang nyenyak.

 

 

Buat Rutinitas Malam Yang Sederhana

 

 

Matikan lampu sebelum jam 10, minum teh hangat sebelum tidur, atau membaca buku ringan sebelum tidur. Apa pun itu, membiasakan diri dengan rutinitas kecil di malam hari bertujuan untuk memberi tahu otak Anda bahwa waktu tidur sudah dekat sehingga akan mulai mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh Anda untuk bersiap-siap tidur.

 

 

Berhenti Minum Kopi Dan Alkohol Di Sore Hari

 

 

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kurangi kafein dalam bentuk apapun (teh, kopi, minuman energi, soda, bahkan permen coklat) dan alkohol setidaknya delapan jam sebelum tidur. Cara ini sangat mudah untuk Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Jika Anda masih merasa sulit untuk tidur, maka cobalah untuk melakukan hal-hal baru yang bisa membuat mood tidur Anda naik. Selain itu, Anda bisa mengatur jam istirahat Anda di siang hari agar Anda bisa tidur nyenyak di malam hari.

 

Demikian ulasan artikel tentang Cara Cepat Tidur yang bisa anda terapkan, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.