Cara Membuat CV Agar Menarik Untuk Pemula

Cara Membuat CV Agar Menarik Untuk Pemula – Setelah lulus kuliah, rencana kita selanjutnya adalah melamar pekerjaan agar bisa cepat mendapatkan pekerjaan. Namun, sebelum melamar pekerjaan, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan, salah satunya adalah CV atau resume yang menjadi modal awal Anda untuk menarik perhatian perekrut agar memanggil Anda untuk seleksi di perusahaan mereka.

 

 

Banyaknya CV yang masuk ke perekrut, membuat Anda harus bersaing dengan pelamar lain agar CV Anda bisa diseleksi dan diproses ke tahap selanjutnya. Agar CV kamu bisa dilirik, kamu butuh trik khusus. CV harus dibuat semenarik mungkin.

 

 

Jika ini adalah pekerjaan pertama Anda, Anda harus mempersiapkan CV Anda sebaik mungkin. Perhatikan Cara Membuat CV yang menarik untuk pemula agar CV Anda bisa menarik perhatian. Meringkas dari berbagai sumber, berikut cara membuat CV menarik untuk pemula yang bisa Anda lamar. Yuk simak artikelnya di bawah ini!

 

 

Perhatikan Cara Membuat CV yang Menarik di Bawah ini

 

 

1. Perhatikan Apa Yang Harus Ditulis

 

 

Pertama, cara membuat CV yang menarik bagi pemula adalah dengan selalu memperhatikan apa yang akan ditulis. Anda bisa mencari dulu apa yang harus ada di CV. Misalnya, CV yang menarik untuk pemula harus selalu mencantumkan pendidikan terakhir, penjelasan singkat tentang keterampilan, dan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

 

 

2. Perhatikan Penulisan Dan Jangan Salah Ketik

 

 

Setelah mengetahui apa yang harus ditulis, cara membuat CV yang menarik bagi pemula selanjutnya adalah dengan menuliskan informasi tentang diri Anda dengan jelas. Tulis dengan hati-hati dan jangan sampai salah ketik dalam tulisan Anda. Kesalahan ejaan yang Anda tulis di CV bisa membuat Anda terlihat tidak profesional. Selain memperhatikan typo, tulisan kamu juga perlu diperhatikan agar lebih bagus dan dibuat lebih menarik.

 

 

3. Buatlah CV Yang Menarik Dan Mudah Dibaca

 

 

Jika Anda telah menuliskan semua hal yang Anda butuhkan untuk CV Anda, sekarang saatnya untuk mengatur informasi tersebut ke dalam bentuk yang menarik. Jangan terlalu polos karena akan membuat perekrut bosan dan enggan membacanya, namun juga jangan terlalu sibuk karena akan membingungkan perekrut. Perhatikan juga ukuran font yang Anda gunakan, jangan terlalu kecil dan jangan menggunakan font yang rumit sehingga sulit untuk dibaca.

 

 

Baca Juga: Beda Dengan CV, Ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar [+Template]

 

 

4. Jangan Terlalu Lama

 

 

Menulis daftar prestasi dan pekerjaan yang pernah kita raih sebelumnya dalam sebuah CV memang bisa memiliki nilai kebanggaan tersendiri. Namun, yang harus Anda perhatikan saat membuat CV yang menarik untuk pemula adalah tidak boleh terlalu panjang. CV hanya satu halaman, karena perekrut hanya memiliki waktu yang singkat untuk membacanya.

 

 

5. Manfaatkan Template CV

 

 

Terakhir, jika Anda bingung bagaimana cara membuat CV yang menarik untuk pemula, Anda bisa memanfaatkan template CV yang bisa Anda dapatkan secara online. Saat ini sudah banyak template CV gratis yang bisa Anda akses dan gunakan. Anda dapat memilih template menarik yang menggambarkan kepribadian Anda atau pekerjaan yang Anda lamar. Jika CV Anda menarik, Anda dijamin berhasil menarik perhatian perekrut.

 

 

Font Yang Digunakan Untuk Menulis Curriculum Vitae (CV)

 

 



 

 

1. Calibri

 

 

Font ini pasti mudah dikenali. Sejak 2007, Calibri telah menjadi font resmi dari Microsoft menggantikan Times New Roman. Tentu Anda sadar bahwa font ini adalah font default di beberapa Microsoft Office? Kesederhanaannya memudahkan kita untuk menggunakan contoh font calibri ini di template CV kita. Format font Calibri sangat jelas dan mudah dibaca, sehingga apa yang Anda tulis di CV Anda dapat lebih mudah dipahami oleh HRD.

 

 

2. Arial

 

 

Popularitas Arial sebagai font legendaris mampu menyaingi Times New Roman. Huruf-hurufnya rapi dan dapat digunakan dalam berbagai situasi, karena tersedia dalam berbagai format seperti regular, bold, italic. Ketika bingung tentang font apa yang akan digunakan untuk resume Anda, Arial harus menjadi pilihan Anda.

 

 

Demikian ulasan artikel tentang Cara Membuat CV agar menarik untuk pemula, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.