10 Cara Mengatasi Overthinking Yang Bisa Anda Lakukan

Cara Mengatasi Overthinking Yang Bisa Anda Lakukan – Pernahkah Anda memikirkan sesuatu sepanjang waktu? Jika pernah, mungkin Anda termasuk orang yang suka berpikir berlebihan atau overthinking. Alih-alih membawa manfaat, kegiatan ini justru lebih merugikan kita. Jadi, bagaimana mengatasinya? Simak beberapa Cara Mengatasi Overthinking yang bisa Anda lakukan.

 

 

1. Temukan Pemicunya

 

 

Langkah pertama yang bisa dilakukan tentunya adalah dengan mengetahui pemicu mengapa kita bisa overthinking. Mulailah memperhatikan jika kejadian atau masalah seperti apa yang biasanya membuat Anda memikirkannya secara berlebihan dan berulang-ulang sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

 

 

2. Cobalah Berpikir Lebih Santai

 

 

Overthinking juga biasanya didasari oleh pikiran negatif yang muncul. Jadi, ketika ada masalah yang muncul, sebaiknya jangan langsung menyimpulkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Akui bahwa pikiran Anda mungkin terlalu negatif dan cobalah untuk lebih santai tentang berbagai hal.

 

 

3. Fokus Pada Solusi, Bukan Masalah

 

 

Memikirkan masalah yang menimpa Anda tidak akan membantu. Daripada terjebak dalam pikiran negatif yang berlebihan, sebaiknya Anda mulai mencari solusi dari masalah yang dihadapi.

 

 

4. Buat Rencana

 

 

Setelah itu, berhentilah bertanya-tanya mengapa sesuatu atau masalah terjadi pada Anda, tetapi mulailah mengambil tindakan untuk mengatasinya. Jangan berharap untuk itu. Setelah Anda menemukan solusi, segera ambil tindakan nyata untuk mengatasi situasi tertentu. Jangan terlalu khawatir dengan hasil yang kamu dapatkan, yang penting kamu sudah berusaha dan berusaha.

 

 

Baca Juga: Cara Cepat Tidur Yang Bisa Anda Terapkan

 

 

5. Latihan Relaksasi

 

 

Terlalu banyak berpikir dapat menyebabkan tekanan emosional yang signifikan. Jadi, jika pikiran Anda mulai lelah, tidak ada salahnya untuk mencoba latihan relaksasi seperti meditasi, misalnya. Atau, Anda juga bisa melatih pernapasan untuk mencegah kecemasan yang mungkin terjadi. Duduklah di tempat yang nyaman dan rilekskan leher dan bahu Anda.

 

 

Letakkan satu tangan di depan dada dan tangan lainnya di perut. Tarik napas dan hembuskan perlahan. Ulangi selama lima menit ketika pikiran negatif mulai mengganggu.

 

 

6. Mengalihkan Perhatian

 

 

Agar pikiran negatif tidak kembali lagi, coba alihkan perhatian Anda dengan melakukan suatu aktivitas. Misalnya, jalan-jalan atau melakukan hobi yang Anda sukai.

 

 



 

 

7. Cobalah Memahami Diri Sendiri

 

 

Salah satu kesalahan di masa lalu membuat Anda lebih sulit untuk melupakan dan menerima diri sendiri. Jika Anda sering menyalahkan diri sendiri karena hal ini, maka cobalah untuk berdamai dan memahami diri sendiri. Rangkullah rasa takut atau penyesalan yang membebani pikiran Anda, lalu cobalah untuk melepaskannya secara perlahan.

 

 

8. Minta Bantuan Dan Pendapat Dari Orang Lain

 

 

Terkadang, Anda juga perlu melihat suatu masalah dari perspektif yang berbeda sehingga Anda tidak terlalu memikirkannya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menceritakan masalah atau hal-hal yang membuat Anda overthinking kepada keluarga atau teman dekat. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan sudut pandang berbeda yang mungkin bisa memberikan solusi atas masalah Anda.

 

 

Jika overthinking telah berlarut-larut dan membuat Anda stres, jangan ragu untuk mempertimbangkan berkonsultasi dengan ahli seperti psikolog atau psikiater.

 

 

9. Berbuat Baik Kepada Orang Lain

 

 

Jangan salah, membantu dan berbuat baik kepada orang lain juga bisa memberikan cara pandang baru atas pemikiran kita terhadap suatu masalah, lho. Menyadari bahwa Anda memiliki kekuatan untuk membuat hari seseorang menjadi lebih baik juga dapat mencegah pikiran negatif menghampiri Anda.

 

 

10. Tetap Lakukan Kegiatan Rutin Sehat

 

 

Berhenti berbaring di tempat tidur dan memikirkan hal-hal negatif yang tak ada habisnya. Bangun dan patuhi rutinitas yang lebih sehat seperti:

 

 

  • Batasi waktu layar dan lakukan detoks media sosial. Terkadang, menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial dapat memicu pikiran negatif yang mengarah pada pemikiran berlebihan tentang hal-hal yang tidak terlalu penting.
  • Jangan lupa makan untuk mengisi energimu. Manjakan diri Anda dengan makanan favorit Anda.
  • Lakukan olahraga secara teratur agar tubuh Anda lebih sehat dan pikiran Anda jernih. Tidak perlu olahraga berat, jalan-jalan keliling halaman juga bisa membantu.

 

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Overthinking yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.