8 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

8 Cara Menghilangkan Ngantuk Disaat Kerja – Tidur sambil beraktivitas adalah hal yang wajar, namun terkadang bisa menimbulkan masalah di tempat kerja. Biasanya setelah istirahat makan siang, mata terasa lebih berat dan keinginan bawaan untuk tidur sulit dilawan. Bergantung pada dorongan kafein dari kopi juga tidak baik untuk tubuh dan tentunya bisa sangat menguras tenaga.

 

Cara Menghilangkan Ngantuk Disaat Kerja

Jika Anda sering mengalami masalah untuk tetap terjaga dan fokus di tempat kerja, cobalah salah satu Cara Menghilangkan Ngantuk disaat kerja ini.

 

1. Cara Pertama, Jalan-Jalan Sebentar Sebelum Mulai Bekerja

 

 

Tak bisa dipungkiri, saat perut terisi lebih mudah terlelap sebagai respon alami tubuh untuk bisa memfokuskan energi untuk mengolah makanan. Daripada akhirnya mengubah meja kerja Anda menjadi kasur baru, cobalah berjalan-jalan sebentar selama 5-10 menit di sekitar area kantor. Dengan melakukan gerakan-gerakan ringan seperti berjalan, tubuh Anda akan aktif kembali sehingga Anda bisa kembali fokus sebelum mulai bekerja.

 

 

2. Cara Kedua Adalah Membiarkan Matahari Menyinari Anda

 

 

Meskipun sinar matahari tidak akan memberikan efek fotosintesis untuk membuat makanan seperti tanaman, Anda dapat menggunakannya sebagai cara untuk menghilangkan ngantuk. Pastikan ruang kerja Anda mendapat suplai sinar matahari yang cukup untuk mencegah pembentukan hormon melatonin yang bisa membuat Anda mengantuk.

 

 

3. Cara Menghilangkan Ngantuk Dalam Posisi Duduk

 

 

Banyak dari kita sekarang bekerja dari rumah dan godaan kasur adalah salah satu tantangan terbesar untuk tetap produktif. Ide bekerja sambil melakukan peregangan memang menggoda, namun yakinlah bahwa posisi ini akan membuai Anda dan berakhir menjadi putri tidur dalam sekejap. Dilansir dari laman kami, duduk tegak dapat mendorong sistem saraf simpatik untuk membuat Anda tetap terjaga selama bekerja.

 

 

Baca Juga: Cara Agar Tetap Bangun Pagi Walaupun Begadang di Malam Hari

 

 

4. Minum Air Putih Yang Cukup Bisa Atasi Ngantuk Berat

 

 

Mengkonsumsi air putih secara teratur tidak hanya bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat lainnya antara lain membantu Anda fokus. Anda pasti ingat iklan merek air mineral yang mengatakan bahwa kurang fokus bisa jadi disebabkan oleh berkurangnya cairan tubuh. Jadi selalu pastikan untuk minum air putih minimal delapan gelas setiap hari.

 

 

5. Gula Adalah Salah Satu Penyebab Ngantuk, Jadi Harus Dikurangi!

 

 

Beberapa jenis makanan yang bisa membuat Anda mengantuk bisa diganti dengan alternatif lain yang lebih sehat tanpa efek mengantuk. Jika Anda suka ngemil, terutama makanan manis, maka sudah saatnya Anda mulai menghentikan kebiasaan ini. Makanan dan minuman manis akan membuat gula darah Anda naik dan akan membuat Anda lebih mudah mengantuk.

 

 

6. Cara Agar Tidak Ngantuk Adalah Dengan Makan Makanan Yang Sehat

 

 

Sebagai alternatif camilan atau minuman manis, tips yang bisa Anda coba adalah mengatur pola makan yang lebih sehat. Cara mengurangi ngantuk tidak hanya dari apa yang Anda konsumsi, tetapi juga frekuensi makan sedikit tapi sering, daripada langsung makan banyak.

 

 

7. Langkah Selanjutnya Yaitu Menarik Napas Dengan Tenang Di Pagi Hari

 

 

Jika Anda sudah terlanjur menikmati makanan berat yang berpotensi membuat Anda mengantuk, maka cobalah untuk menarik napas dalam-dalam. Cara menghilangkan ngantuk ini efektif untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah, menurunkan tekanan darah, dan mendukung sinergi tubuh dan otak yang lebih baik.

 

 

8. Segera Ubah Rutinitas Kerja Anda

 

 

Kebosanan akibat rutinitas yang monoton bisa membuat Anda semakin mengantuk karena kurangnya rangsangan dari luar. Coba ubah rutinitas kerja Anda dengan melakukan tugas secara berbeda, seperti berpindah tempat atau dalam urutan yang berbeda. Dengan demikian otak Anda menjadi lebih aktif untuk beradaptasi dengan rutinitas baru yang dapat mencegah ngantuk.

 

 

Demikian ulasan artikel tentang beberapa Cara Menghilangkan Ngantuk disaat kerja, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.