Cara Agar Tetap Bangun Pagi Walaupun Begadang di Malam Hari

Cara Agar Tetap Bangun Pagi Walaupun Begadang di Malam Hari

Anda Dapat Mendengarkan Podcast di Atas Sebagai Alternatif Membaca

 

 

Kali ini saya akan menjabarkan bagaimana pengalaman saya untuk tetap bangun pagi meskipun malamnya begadang. Bagi saya begadang adalah “Me Time” terbaik. Karena disaat orang sedang tidur, saya bisa melakukan hal-hal yang saya suka tanpa gangguan dan dalam kondisi yang tenang. seperti membuat video, menulis artikel, menulis lagu, menonton film bahkan menuliskan sebuah ide. Bahkan tidak tanggung-tanggung, saya seringkali begadang sampai subuh agar tidak terlewatkan ibadah wajib dan tidur setelah subuh.

Kesenangan saya dengan begadang itu juga diamini oleh salah satu artikel yang dipost oleh Kontributor Vice Indonesia Keshia Naurana Badalge dengan tulisannya yang dimuat oleh Vice Indonesia yang berjudul “Jangan Merasa Bersalah, Begadang Adalah Cara Terbaik Menyayangi Dirimu”. Namun kendati begitu, seringkali saya merasa bersalah ketika pagi harinya bangun kesiangan untuk bekerja.

Menyadari diri saya tidak bisa menghentikan kebiasaan begadang begitu saja karena menikmatinya, hal yang saya pikir justru harus saya lakukan adalah bangun tepat waktu. Setelah saya pikirkan cara untuk bangun pagi dan bereksperimen untuk menemukan cara agar mendapatkan tidur yang nyenyak dan tetap bangun pagi, akhirnya saya menemukan cara yang cukup ampuh, khususnya untuk diri saya sendiri.

Karena sudah dapat trik ini, saya berpikir kenapa tidak sekalian saja saya tulis di blog dan saya bagikan kepada anda semua. Inilah cara yang saya gunakan agar tetap dapat bangun pagi meskipun malamnya begadang.

 

 

Minta Dibangunkan Sebelum Waktu Bangun Seharusnya.

Eits, Jangan berpikir bahwa cara ini tidak cocok untuk anda yang tinggal sendirian. Karena saya akan membagikan juga bagaimana cara tersebut bisa berlaku meskipun anda tinggal sendirian. Namun saya mulai dengan cara saya dulu.

Malam sebelum saya melakukan begadang, dan istri hendak tidur dengan anak-anak saya. Saya meminta istri saya yang biasa bangun pagi-pagi sekali untuk membangunkan jauh sebelum waktu bangun yang seharusnya, biasanya 2 Jam sebelum waktu dimana harus benar-benar bangun. Tahap bangun tidur ini pun saya bagi menjadi 3 Tahap bangun.

 

Bangun Pertama

Contohnya saat ini saya WFH dan harus bangun jam 9 pagi untuk mulai bekerja. Saya meminta istri saya untuk membangunkan saya 2 Jam sebelumnya. Tujuannya bukan untuk membuat saya benar-benar bangun, tapi untuk mengganggu tidur saya dan mempersilahkan saya tidur lagi.

Mungkin anda bertanya “Lho kok aneh banget?”

Yup, setidaknya saya sudah merasakan bangun tidur dan tahu bahwa matahari sudah terbit. Waktu 2 Jam itu saya gunakan untuk berleha-leha di kasur, kalau memang sudah terlanjur bangun, saya gunakan untuk membuka segala notifikasi di handphone sambil rebahan.

 

Bangun Kedua

Hal ini berlaku jika saya memutuskan untuk tidur lagi setelah bangun pertama, Istri saya akan kembali membangunkan lagi pada jam 8 nya untuk sekedar mengganggu saya, kadang juga ia menyertakan anak-anak saya untuk mengganggu tidur saya. Hal itulah yang saya sebut dengan bangun kedua, tujuannya sama dengan bangun pertama, yakni hanya untuk sekedar merasakan bangun. Setelah itu boleh lanjut tidur lagi atau habiskan waktu untuk sekedar rebahan merasakan nikmatnya dekapan kasur.

 

Bangun Ketiga

Tahapan bangun ini adalah tahap dimana saya harus benar-benar bangun dari tidur, beranjak dari kasur, mandi, sarapan dan mulai bekerja. Bangun ketiga ini sudah tidak bisa ditolerir untuk kembali tidur. Namun untungnya, saya memiliki 2 tahap bangun sebelumnya, dimana saya sudah berleha-leha dengan kasur sebelum saya benar-benar harus beranjak dari tempat tidur.

 

Namun bagaimana dengan seseorang yang tinggal sendiri? ngekost? sendirian? tidak ada yang membangunkan?

Nah, bagi anda yang merasa tidak memiliki seseorang untuk membangunkan, Tenang! Masih ada smartphone yang anda miliki. Dengan fitur alarm yang ada, anda bisa melakukan hal serupa. Hal ini juga pernah saya lakukan ketika saat itu harus sendirian, karena kondisi istri menginap di rumah mertua dan sebagainya.

Agar lebih Afdol, yang saya lakukan adalah mendownload aplikasi smartphone bernama To Do Reminder di Playstore.

 

To Do Reminder with Alarm
To Do Reminder with Alarm
Developer: App Innovation
Price: Free+

 

Screenshot Setting Aplikasi To Do Reminder

Begini cara saya setting aplikasi tersebut agar saya bisa bangun pagi

 

Sreenshot 3 Alarm Aplikasi To Do Reminder

Saya buat 3 kali alarm berbunyi dan saya berikan catatan di setiap alarm kira-kira seperti ini

 

Mungkin dengan melihat Screenshot di atas anda bisa mengerti bahwa cara yang saya jabarkan di atas juga bisa anda lakukan walaupun anda tidur sendirian.Sekarang terbayang kan bagaimana begadangers (Orang-orang begadang) semacam saya memperjuangkan bangun pagi? Jika anda mencari cara untuk bangun pagi meski malam harinya begadang, mungkin cara berdasarkan  pengalaman saya ini dapat membantu anda.