Ini merupakan panduan terlengkap cara membuat website yang benar-benar gratis dengan Google Sites yang anda bisa ikuti tahap demi tahap. Bagi anda yang lebih senang menyimak melalui video daripada tulisan, anda dapat menonton video dibawah ini dimana video tersebut juga merupakan video tutorial yang sangat lengkap bagaimana anda bisa membuat website gratis dengan Google Sites.

 

 

 

 

Mengapa Google Sites?

 

 

Mungkin cara membuat website gratis dari bachri.com  yang saya bahas kali ini agak sedikit berbeda dengan beberapa situs lain yang telah membahas sebelumnya. Dimana cara membuat website gratis yang biasanya disarankan adalah dengan menggunakan platform seperti prestashop, wordpress dan sebagainya, dimana kita tetap butuh domain, hosting, SSL dan kebutuhan lainnya yang dimana itu semua tidaklah GRATIS. Kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat website yang benar-benar full gratis dan bisa menyesuaikan dengan berbagai macam kebutuhan menggunakan salah satu fitur dari Google yakni Google Sites. 

 

Anda pun tidak perlu khawatir akan tingkat kesulitan cara membuat website gratis melalui fitur Google Sites ini.Karena anda hanya perlu drag & drop konten yang dibutuhkan menyesuaikan website apa yang ingin anda buat. Sebelumnya saya juga pernah bagikan cara membuat website gratis ini kepada UMKM yang tergabung di dalam grup WhatsApp yang saya buat yakni UMKM Go Digital, dimana di situ saya memberikan tutorial tentang digitalisasi usaha konvensional, dan yang menarik peserta yang tergabung dalam Grup tersebut juga rata-rata mereka yang sama sekali awam soal pemasaran digital, apalagi membuat website. Jadi ini bisa jadi perbandingan dengan anda yang mungkin tidak begitu awam mengenai website, mereka yang awam saja bisa apalagi anda, asalkan anda mau mengikuti tutorial ini sampai tuntas.

 

Saya sendiri pernah membuat website dengan Google Sites untuk membangun Portofolio saya sebagai SEO Specialist dan juga Content Writer yang anda bisa lihat di bawah ini

 

Contoh Website Portofolio

Untuk melihatnya langsung anda bisa mengunjunginya disini

 

 

 

 

Kelebihan Membuat Website Gratis Dengan Google Sites

 

Gratis bukan berarti minim yang akan diberikan. Seperti anda ketahui, Google selama ini memberikan produk gratisnya dengan cukup serius, termasuk Google Sites, walaupun anda bisa membuat banyak website secara gratis, namun fitur yang diberikan Google terhadap produknya Google sites menjadi kelebihan Google Sites itu sendiri yang dapat menjadi pertimbangan anda untuk membuat website dengan Google Sites. Berikut ini kelebihan membuat website gratis menggunakan google sites:

 

 

Fitur Yang Mudah Digunakan

 

Fitur Google Sites

 

 

Dari mulai pengaturan tata letak yang hanya perlu drag & drop, terintegrasi dengan produk google lain seperti Google Form, Google Maps, Calendar, Spreadsheet, Google Dokumen bahkan Youtube hingga dapat memilih template yang sudah disediakan guna menghias website yang ingin dibuat. Fitur dari google sites sangat mudah digunakan bahkan untuk anda yang awam dan benar-benar baru mau memulai membuat website anda sendiri.

 

 

 

Mobile Friendly

 

Mobile Friendly

 

 

Jika anda telah berhasil membuat website dengan Google Sites, Website anda akan menyesuaikan tampilan layar smartphone ketika dibuka melalui Smartphone yang membuka website anda. Ini bukti apabila Google Sites itu tidak kalah dibandingkan platform atau CMS untuk membuat website lainnya.

 

 

 

SEO Friendly

 

SEO Friendly

 

 

SEO Merupakan tujuan seseorang membangun website, yakni ingin websitenya mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google bahkan halaman berada di halaman pertama. Ya, namanya juga fitur dari google. Tidak mungkin kan tidak ramah terhadap mesin pencari yang paling ternama seperti Google itu sendiri.

 

 

 

Dapat Menggunakan Domain

 

Dapat ditambahkan domain

 

 

Membuat website gratis dengan Google Sites juga dapat dihubungkan dengan domain anda sendiri. Ini hanya sebagai informasi tambahan mengenai kelebihan Google Sites, tidak masuk pada tutorial yang akan kita bahas, dimana tutorial ini adalah cara membuat website full gratis, jika menambahkan domain ini dimasukan sebagai salah satu pembahasan, artinya ada hal yang harus dibayar yakni domain.

 

 

 

Dapat Dibuat Dengan Tampilan Yang Lebih Kompleks

 

 

Tampilan lebih kompleks

 

 

Google sites ini terkesan memiliki tampilan yang itu-itu saja, namun jangan salah dengan sedikit kemampuan HTML, CSS dan Javascript anda dapat membuat tampilan website yang anda buat dengan Google Sites menjadi lebih kompleks dan menyesuaikan keinginan. Namun karena tutorial ini dibuat secara umum dan cenderung untuk anda yang pemula. Pembahasan tentang membuat tampilan Google Sites menjadi lebih kompleks akan dibahas di lain waktu, kali ini memang tutorial khusus untuk pemula.

 

 

 

 

 

 

Persiapan Sebelum Membuat Website

 

 

Walaupun Gratis, anda tetap membutuhkan alat tempur untuk membuat website menggunakan Google Sites ini, Namun tenang! Alat yang dibutuhkan memang alat yang digunakan untuk membuat website seperti website-website yang dibuat dengan platform lain selain Google Sites. Berikut ini alat yang dibutuhkan untuk membuat website gratis dengan menggunakan Google Sites:

 

Laptop atau PC Desktop

Sangat Direkomendasikan menggunakan Laptop atau Komputer Desktop saat proses pembuatan website dengan Google Sites dan tidak direkomendasikan menggunakan Smartphone karena tampilan halaman pembuatan website akan menjadi kompleks dan tombol-tombol yang ada akan sangat sulit di-klik. Jadi pastikan anda membuatnya dengan menggunakan Laptop atau Komputer Desktop.

 

 

Koneksi Internet

Tentu saja dalam pembuatan website menggunakan Google Sites ini diharuskan memiliki koneksi internet, karena Google Sites itu sendiri harus diakses dengan koneksi Internet. Jangankan Google Sites, Google Search saja harus diakses dengan koneksi internet, tanpa koneksi internet anda mungkin hanya bisa memainkan Game Dinosaurus Melompati Kaktus. Hehehe

 

Browser

Laptop Anda harus memiliki aplikasi browser seperti Chrome ataupun Mozilla Firefox yang terinstall, Untuk bisa anda mendownload Browser secara gratis, anda bisa mengunjungi situs resmi nya langsung seperti https://www.google.com/chrome/ untuk Mendownload browser Chrome dari Google dan https://www.mozilla.org/en-US/firefox/new/ untuk mendownload browser Mozilla Firefox.

 

Akun Gmail

Akun Gmail tentu juga harus anda miliki sebelum membuat website dengan Google Sites. Bahkan bukan hanya Google Sites, Akun Gmail ini juga nantinya akan berguna untuk membuat akun Google Analytics dan Search Console yang sangat berguna bagi website anda dan kami akan membahasnya pada tutorial pembuatan website menggunakan Google Sites ini. Untuk anda yang belum memiliki Akun Gmail anda dapat melihat tutorial berikut ini,

Cara Membuat Akun Gmail

 

 

1. Kunjungi https://gmail.com

 

 

2. Klik “Buat Akun” / “Create Account”

 

Buat Akun

 

 

 

 

3. Isi Biodata Pada Formulir

Yang harus anda isi adalah:

Nama Depan

Nama Belakang

Alamat Email Dengan nama anda (Jika sudah terdaftar, tambahkan 4 angka yang anda ingat di belakangnya)

Password (Password harus anda ingat dan jangan beritahu siapapun)

Lalu klik ” Berikutnya”

isi formulir biodata

 

 


4. Isi Form Selanjutnya

Setelah langkah di atas masih ada form yang harus anda isi dan lengkapi seperti gambar di bawah ini:

isi form selanjutnya

 

 

5. Klik Kirim Untuk Verifikasi Nomor Telepon

 

verifikasi nomor telepon

 

 

 

6. Masukan Kode Verifikasi

Kode verifikasi akan dikirimkan google melalui SMS

Begitu anda menerima SMS, Masukan kode Verifikasi ke Formulir yang tersedia lalu klik “Verifikasi”

Masukan Kode Verifikasi

7. Klik Lewati

 

Klik Lewati

 

 

8. Lakukan Persetujuan

Ikuti langkah di bawah ini lalu untuk melakukan persetujuan

 

Lakukan Persetujuan

 

9. Gmail Sudah Siap

 

Gmail Sudah Berhasil Dibuat

Namun anda bisa skip ke poin selanjutnya apabila anda telah memilikinya.

 

 

 

Konten Website

 

Pastikan anda telah mempersiapkan konten yang akan ditampilkan pada website anda, jika dalam contoh kasus pembuatan toko online anda dapat menyiapkan konten seperti logo, gambar header, gambar produk, video youtube (jika anda ingin menampilkan video di website), spesifikasi produk, harga produk dan semacamnya sebelum membuat website menggunakan Google Sites.

 

 

Shorten URL

Shorten URL adalah alat yang sangat berguna untuk memperpendek URL-URL panjang yang sulit diingat. Shorten URL seperti halnya bit.ly .Selain dapat memperpendek URL juga dapat membantu memonitor seberapa sering URL yang kita buat di klik oleh orang lain. Memiliki akun yang bisa membuat Shorten URL ini akan sangat berguna bagi anda sebelum membuat Website menggunakan Google Sites. Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara membuat Akun di platform pembuat Shorten URL seperti Bit.ly:

 

Cara Membuat Akun dan Menggunakan Bit.ly

1. Kunjungi Bit.ly

 

 

2. Klik Sign Up

 

Klik Sin UP

 

 

 

 

3. Klik lagi Sign Up

 

Klik sign up sekali lagi

 

 

 

 

4. Isi Form

Isi Formulir Dengan:

Username yang unik

email gmail anda,

Password minimal 6 karakter, harus dapat anda ingat, mengandung Minimal 1 Huruf Besar, 4 Huruf Kecil dan 1 karakter khusus seperti: – (dash) dan _ (Underscore)

Setelah itu Klik “Sign Up With Email”

isi formulir

5. Klik “For Personal User”

 

pilih personal use

 

 

6. Isi Form Kembali

Isikan:

Nama Depan

Nama Belakang

Centang “Other”

Lalu ketik “Bisnis”

isi form lagi

7. Verifikasi Email

Bila dibawa ke halaman seperti yang ada di gambar bawah, itu tandanya akun anda sudah jadi namun membutuhkan verifikasi email

konfirmasi email

8. Masuk ke Email Yang didaftakan Pada bit.ly

 

pergi ke gmail login

 

 

 

 

 

9. Buka Email dari bit.ly

 

buga gmail bit.ly

 

 

 

 

 

10. Klik Tombol “Verify Your Email”

 

klik verify

 

 

 

 

 

11. Akun bit,ly Anda siap digunakan

 

Akun bitly siap

 

 

 

Link Menuju WhatsApp Dengan Pesan Otomatis

 

Hal ini tidak hanya berguna bagi toko online yang melayani customernya melalui aplikasi chat WhatsApp, namun juga berguna untuk anda yang membuat website portofolio atau jasa yang anda tawarkan. Dengan memiliki WhatsApp API + URL Encoder, anda dapat membuat orang yang anda harapkan menghubungi anda melalui WhatsApp setelah melihat website anda dapat dengan mudah menghubungi anda hanya dengan klik link WhatsApp API dan akan otomatis menuliskan pesan jika ditambah dengan URL Encoder. Sebagai contoh anda dapat melihat cara bagaimana membuat serta memfungsikan WhatsApp API dan URL Encoder di bawah ini:

 

Cara Membuat Link Menuju WhatsApp Dengan Pesan Otomatis

 

1. Kunjungi Situs URL Encoder di https://www.urlencoder.org

 

 

2. Ketik teks yang inginkan menjadi pesan otomatis

Buatlah teks yang anda inginkan sebagai pesan yang otomatis terketik apabila customer mengklik link yang menuju ke Chat WhatsApp seperti contoh di bawah ini

 

Ketik Pesan Otomatis Yang di Inginkan

 

 

 

 

3. Klik Tombol “Encode”

 

Klik Tombol Encode

 

 

 

 

4. Block Hasil Encode Kemudian Copy

 

Block Hasil Encode Kemudian Copy

 

\

 

 

5. Buka Notepad Lalu Paste Hasil EncodeBuka Notepad, Paste Encode

 

 

 

6. Copy Code Dibawah Ini

https://api.whatsapp.com/send?phone=628XXXXXX&text=

 

 

 

7. Paste di Notepad sebelum hasil Encode

Paste kode di Notepad yang tadi terdapat hasil Encode, Pastikan anda mem-paste nya sebelum hasil encode dan jangan lupa mengganti “XXXXX” dengan nomor anda setelah angka “08….”. (Contoh: “0812345 | Berarti “XXXX” diganti dengan “12345”)

6. Copy Kode Sebelum Hasil Encode

 

 

 

 

8. Block dan Copy Semua Kode di Notepad 

 

Block dan Copy seluruh URL

 

 

 

 

9. Paste Di Tools Shorten URL

Klik Tombol “Create”, Lalu Paste kode yang tadi dicopy

 

Paste Kode di Shorten URL

 

 

 

 

10. Perpendek URL dengan Kata Yang Mudah Di-Ingat

 

Perpendek URL

 

 

 

 

 

11. Ingat dan Hapalkan URL Anda

 

 

 

 

 

 

 

Tahapan Membuat Website Dengan Google Site

 

Cara Membuat Toko Online Keyword Result Mangotools

 

 

Disini saya akan mencontohkan cara membuat website gratis dengan Google Sites dengan contoh kasus pembuatan toko online, dimana toko online tersebut berupa toko buku. Saya mencontohkan membuat website toko online disini karena hal tersebut cukup banyak dicari oleh banyak orang setelah saya cek menggunakan keyword tools. Berikut ini tahapan membuat website dengan Google Sites:

Panduan Membuat Website Dengan Google Sites

 

Masuk Ke Google Sites Disini Menggunakan Akun Gmail

 

 

masuk ke google sites dengan gmail

 

Untuk membuat website gratis dengan Google Sites diawali dengan langkah ini. Yakni menggunakan akun Gmail yang sudah kita persiapkan di awal untuk mengakses Google Sites. Masukan Akun gmail, kemudian klik “berikutnya” lalu masukan password lalu klik “berikutnya”.

 

 

 

 

 

Mulai Membuat Website

 

 

Mulai Membuat Web Dengan Klik Tombol Plus

 

Setelah memasuki halaman Google Sites, klik tombol “+” di pojok kanan bawah seperti yang ditunjukan arah panah pada gambar di atas.

 

 

Menambahkan Nama Situs Sesuai Kata Kunci Yang Ditargetkan 

 

 

Ubah Nama Situs Sesuai Keyword

 

Ubah nama situs dengan Kata Kunci yang ditarget. Mengubah nama situs ini dapat membantu SEO website anda. Jadi apabila anda membuat sebuah website toko buku yang dimana toko buku anda berlokasi di Tangerang, lalu anda mengincar kata kunci “Toko Buku Tangerang” dengan maksud agar ketika orang-orang mencari di Google Search dengan kata kunci “Toko Buku Tangerang” Maka website anda yang muncul pertama kali, maka gantilah nama situs dengan menggunakan kata kunci “Toko Buku Tangerang”.

Membuat Judul Halaman Sesuai Kata Kunci Yang Ditargetkan

 

 

Ubah Judul Situs

 

Judul situs juga sebaiknya disesuaikan dengan kata kunci yang ditarget. Karena hal ini akan semakin membantu dalam proses SEO seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.

 

 

Memilih Tema Yang Sesuai

 

Pilih Tema Yang Sesuai

 

Anda dapat memilih tema yang paling sesuai dari pilihan tema yang disediakan oleh Google Sites. Untuk memilih tema, klik “Tema” Seperti yang ditunjukan pada arah panah di atas, kemudian pilihlah tema yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

 

 

 

Mengganti Background Header

 

Mengganti Header

 

Langkah selanjutnya adalah anda harus mengubah latar belakang header dari website anda dengan gambar yang anda telah persiapkan sebelumnya agar website yang anda buat berbeda dengan website lain yang dibuat melalui Google Sites.Untuk melakukannya anda hanya perlu klik “Ubah Gambar” lalu mengupload gambar header yang telah anda siapkan sebelumnya.

 

 

Mengatur Tata Letak Yang Sesuai

 

Mengatur Tata Letak

Kemudian selanjutnya anda harus mengatur tata letak pada body website anda. Disini saya mencontohkan dengan membuat tata letak untuk website toko online yang menjual buku. Maka saya mengatur tata letaknya saya tinggal drag & drop bagian pilihan tata letak yang ada di samping kanan ke bagian body. Pada gambar diatas saya mencontohkan hanya satu tata letak. Anda dapat menambahkan dan mengatur tata letak sesuai keinginan anda.

 

 

Menambahkan Konten Pada Body Website

 

Menambahkan Konten

 

Setelah mengatur tata letak pada body website, anda harus menambahkan konten berupa gambar, teks dan informasi yang telah anda siapkan sebelumnya. Disini saya mencontohkan membuat website yang menjual toko buku secara online. Jadi saya menambahkan gambar buku, judul buku dan harga. Jika anda mulai membuat wesbite dengan google sites, anda dapat menyesuaikan dengan apa yang anda ingin buat.

 

 

Menambahkan Footer

 

Menambahkan Footer

Arahkan kursor ke bagian paling bawah hingga muncul tombol bertuliskan “Tambahkan Footer” seperti apa yang ditunjukan oleh tanda panah pada gambar di atas. Klik tulisan “Tambahkan Footer” Tersebut, maka otomatis bagian bawah halaman akan bertambah.

 

 

Mengisi Informasi Pada Footer

 

Mengisi Informasi Footer

 

Anda dapat mengisi informasi apapun sesuai keinginan anda pada footer. Dalam contoh pada gambar di atas, saya mengisikan Alamat Toko, Kontak serta Akun Sosial Media. Jika anda ingin mengisi informasi lebih banyak seperti “Tentang Kami” dsb, Lakukanlah.

 

 

Menambahkan Halaman

 

Menambahkan Halaman

 

Anda dapat menambahkan halaman baru pada Google Sites, Anda hanya perlu melakukan:

1. Klik kolom “Halaman” di bagian atas seperti yang ditunjukan arah panah di gambar

2. Klik tombol bulat “+” di bagian bawah  seperti yang tertera pada gambar

3. Tambahkan Nama Halaman

4. Klik “Selesai”

Anda dapat menambahkan bahkan lebih dari 1 halaman. Namun pada contoh membuat website toko buku ini saya membuat halaman baru untuk spesifikasi salah satu produk buku.

 

 

Mengatur Tata Letak Halaman Baru

 

Atur tata letak halaman baru

 

Sama seperti halaman utama, Halaman baru juga awalnya adalah halaman yang kosong sampai kita mengatur sendiri tata letaknya. Anda hanya perlu drag & drop bagian pilihan tata letak yang ada di samping kanan ke bagian body. Dalam contoh kasus di atas, saya memilih tata letak untuk menjelaskan spesifikasi produk. Jika anda mulai membuat website dengan Google Sites dan memiliki halam baru, anda tinggal sesuaikan tata letak dengan selera anda.

 

 

Menambahkan Konten Pada Halaman Baru

 

Mengisi Konten Halaman Baru

 

Anda juga perlu mengisi konten halaman baru sama seperti halaman awal. Bedanya disini saya membuat halaman spesifikasi produk yang dimana langkah-langkahnya dapat diikuti dengan memperhatikan gambar di atas, berikut penjelasannya:

1. Tambahkan Nama Produk

2. Tambahkan Spesifikasi Produk

3. Tambahkan Harga Produk

4. Buat Tombol dengan klik “Tombol” pada kolom fitur Google Sites di sebelah kanan

5. Tambahkan Nama Tombol

6. Tambahkan Link Ke Mana Tombol Mengarah Ketika diklik. Dalam contoh diatas saya mengarahkan tombol ke Chat WhatsApp, dimana link nya sudah saya buat dengan bit,ly seperti yang telah saya jelaskan di bagian atas pada poin yang saya menjelaskan cara membuat “Link Menuju WhatsApp dengan Pesan Otomatis”

7. Klik “Sisipkan”

8.  Tombol selesai dibuat

9. Karena ini hal yang paling mudah, maka menambahkan gambar dilakukan belakangan.

Sekali lagi, anda dapat menyesuaikan konten pada halaman baru dengan kebutuhan anda, di atas hanyalah contoh agar anda mendapat gambaran.

 

 

 

Membiarkan/Menyembunyikan Halaman Baru

 

Membiarkan Atau Menyembunyikan Halaman Baru

 

Jika anda menambahkan halaman baru, maka akan secara otomatis halaman tersebut tampil sebagai menu pada wesbite anda seperti yang ditunjukan pada gambar nomor 4, jika memang anda ingin menjadikan halaman baru sebagai salah satu menu pada website anda hanya perlu membiarkannya. Namun jika contoh kasus nya seperti di atas, dimana halaman tersebut menjadi halaman spesifikasi produk, maka sepertinya halaman tidak perlu ditampilkan, dan beginilah proses membuatnya tidak tampil pada bagian menu:

 

1.  Pilih kolom halaman pada bagian paling atau di posisi tengah seperti yang ditunjukan arah panah pada gambar.

2. Pilih halaman yang ingin disembunyikan, lalu pilih “titik tiga” seperti yang ditunjukan arah panah pada gambar di atas.

3. Setelah itu pilihlah “Sembunyikan  Halaman”

4. Pastikan nama halaman yang ditunjukan pada tanda panah nomor 4 telah hilang dan halaman baru telah disembunyikan.

 

 

Menambahkan URL  Untuk Terhubung Pada Halaman Spesifikasi Produk di Halaman Pertama

 

Tambahkan Tautan

 

Melanjutkan apabila halaman baru yang dibuat adalah halaman spesifikasi produk. Otomatis anda harus membuat produk yang telah anda buat tampilannya di halaman pertama terhubung dengan halaman spesifikasi produknya. Cukup mudah menghubungkan konten yang ada di halaman pertama dengan halaman yang baru dibuat, begini caranya:

 

1. Klik “halaman muka” pada kolom halaman

2. Klik Gambar dan tambahkan “Tautan” pada gambar tersebut

3. Otomatis akan tersedia nama halaman baru ketika kita ingin menghubungkan gambar dengan tautan, pilih halaman baru tersebut.

4. Anda juga dapat menambahkan tautan yang sama seperti yang anda lakukan pada gambar ke Nama Produk, Anda cukup block nama produk, kemudian klik logo tautan dan pilih halaman baru untuk dihubungkan.

5. Begitupun dengan bagian harga produk, anda juga dapat melakukan hal yang sama seperti anda melakukannya pada gambar dan nama produk di point 2-4.

 

Dengan begitu ketika ada yang mengunjungi website anda dan mengklik produk anda pada bagian gambar, nama produk ataupun harga. Maka pengunjung akan langsung diarahkan ke halaman spesifikasi produk.

 

 

Publikasi

 

Publikasikan

Setelah anda merasa website anda telah selesai, anda tinggal mempublikasikannya dengan melihat panduan gambar di atas, dan ini penjelasannya:

 

1. Klik “Publikasikan” pada bagian pojok kanan atas seperti yang ditunjukan poin 1 pada gambar di atas

2. Beri nama website anda sesuai keinginan

3. Jika anda ingin website anda muncul di halaman mesin pencari, maka jangan dicentang kotak yang ditunjukan oleh tanda panah nomor 3. Namun jika anda membuat website tersebut karena untuk pribadi dan tidak ingin diketahui mesin pencari, maka anda boleh mencentangnya.

4.  Klik publikasikan, maka website anda siap anda akses.

 

 

Atur Akses Link

 

Atur Akses Link

 

Hal ini adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan setelah anda mempublikasikan website anda.

 

1. Klik tombol icon orang dan tanda “+” seperti yang ditunjukan tanda panah nomor 1 pada gambar di atas

2. Setelah anda klik yang ditunjukan oleh tanda panah nomor 1 akan keluar pop-up dan klik tulisan ‘Ganti” disebelah tulisan link bervariasi.

3. Setelah itu, klik pada bagian “draft” dan ubahlah “dibatasi” menjadi “Siapa saja yang memiliki link”

4.  Pilih Selesai

Dengan mengatur akses link ini, berarti anda telah mempersilahkan website anda dilihat oleh orang-orang yang mendapatkan link website anda kemudian membuka link tersebut.

 

 

 

 

Tahapan Sebelum Promosi Website

 

 

Menambahkan Website ke Google Analytics

 

Google Analytics dibuat oleh google untuk mengukur kinerja website dan aplikasi. Itu berarti Google Analytics juga bermanfaat bagi anda yang memiliki website untuk mengetahui jumlah visitor, mengetahui konten populer, mengoptimalisasi kata kunci dan sebagainya. Lebih dari itu, Google Analytics juga mampu membuat anda menghasilkan keputusan yang tepat untuk mengelola website anda.

 

Setelah anda berhasil membuat website anda dengan google sites, sekarang waktunya anda menghubungkan dengan webiste anda tersebut dengan Google Analytics. Berikut ini cara menghubungkan website anda dengan Google Analytics:

 

Cara Menghubungkan Google Sites dengan Google Analytics

 

 

1. Buka Google Analytics Disini

 

 

2. Klik Tombol “Mulai Mengukur”

 

Mulai Google Analytics

 

 

Saat anda mulai masuk ke halaman Google Analytics, anda akan dihadapkan dengan tampilan seperti gambar di atas. Maka yang harus anda lakukan adalah klik tombol “Mulai Mengukur” untuk memulai pembuatan akun Google Analytics

 

 

 

3. Beri Nama Akun Google Analytics

 

Beri Nama Akun Google Analytics

 

 

Tampilan di atas akan muncul apabila anda sudah login pada akun Gmail, pastikan Akun gmail yang digunakan adalah akun gmail yang sama dengan yang anda gunakan untuk membuat website dengan Google Sites. Jika muncul tampilan seperti apa yang ditunjukan oleh gambar, maka yang harus anda lakukan adalah mengisi nama akun Google Analytics anda. Untuk hal ini anda dapat mengisikan nama website anda, nama anda sendiri atau bebas sesuai keinginan anda.

 

 

 

4. Klik “Berikutnya”

 

Klik Berikutnya

 

 

Setelah anda mengisi nama website, anda klik tombol “Berikutnya” dan biarkan semua kotak yang berada di atasnya tercentang.

 

 

 

5. Pilih Web

 

Pilih Web dan Klik Berikutnya

 

 

Karena yang anda buat adalah website, maka langkah selanjutnya anda tinggal pilih “web” lalu klik “Berikutnya”

 

 

 

6. Penyiapan Properti

 

Lengkapi Data Website

 

 

Pada bagian ini anda harus mengisi segala yang diminta oleh Google Analytics

 

1. Isi nama situs

2. isi url asli situs google sites anda (bukan bit.ly)

3. Pilih kategori industri

4. Pilih negara dimana anda tinggal

5. Pilih zona waktu yang sesuai dengan dimana anda tinggal

6. Klik “Buat”

 

 

 

7. Setujui Persyaratan

 

Setujui Persyaratan

 

Anda bisa langsung menyetujuinya atau membaca persyaratan yang telah ditampilkan jika ingin informasi yang jelas. Untuk menyetujuinya anda hanya perlu:

 

1. Mencentang kotak pertama

2. Mencentang Kotak kedua

3. Klik Saya Setuju

 

 

 

8. Blok dan Salin ID Pelacakan

 

Block dan Copy ID Pelacakan

 

 

Anda tidak usah bingung dan panik ketika diarahkan ke halaman ini setelah menyetujui persyaratan. Anda hanya perlu blok dan salin/copy ID Pelacakan seperti yang ditunjukan pada gambar di atas.

 

 

 

9. Kembali Ke Google Sites dan Paste ID Pelacakan

 

Paste ID Pelacakan

 

 

Selanjutnya, anda kembali ke halaman Google Sites anda dan ikuti langkah berikut:

 

1. Pilih “setelan” seperti yang ditunjukan oleh arah panah nomor 1 pada gambar di atas

2.  Pilih “Analisis” Seperti yang ditunjukkan pada gambar nomor 2 di atas

3. Kemudian paste ID pelacakan yang telah anda salin sebelumnya, Maka secara otomatis akun Google Analytics anda telah terhubung ke Website yang anda buat dengan Google Sites.

 

 

 

10. Pastikan Google Analytics Sudah Terhubung

 

Buka Google Sites

 

Untuk memastikan akun Google Analytics anda telah terhubung dengan website yang anda buat dengan Google Sites, Yang perlu anda lakukan adalah membuka halaman website anda di tab baru atau bisa juga anda buka melalui smartphone anda.

 

 

 

11. Tanda Website Sudah Terhubung ke Google Analytics

 

Telah Terhubung ke GA

 

 

Tanda website anda terhubung dengan Google Analytics, bisa anda lihat dengan kembali ke Google Analytics anda setelah anda membuka halaman website anda dan membiarkannya tetap terbuka. Pada halaman Google Analytics, Anda pilih beranda dengan icon rumah di sebelah kiri atas, lalu lihatlah bagian “Pengguna Aktif Saat Ini” di sebelah kanan yang ditunjukan oleh tanda panah di gambar atas. Angka 1 tersebut adalah tanda bahwa anda yang membuka halaman website anda sendiri sudah terbaca oleh Google Analytics.

 

 

 

 

Menghubungkan Website ke Google Search Console

 

Google Search Consol merupakan tools webmaster yang disediakan Google dan dapat digunakan secara gratis. Fungsi dari Google Search Console sendiri adalah agar pemilik website dapat mengidentifikasi performa website dan melakukan optimasi website secara organik. Hal ini sangat penting bagi website anda.

 

Sebagai catatan saya ingin memberitahukan kepada anda bahwa Google Search Console tidak akan bisa terhubung ke website yang anda buuat dengan Google Sites, sebelum anda menghubungkan Website yang anda buat dengan Googl Sites tersebut pada Google Analytics dengan melihat caranya pada point sebelumnya. Jadi ada baiknya anda menghubungkan terlebih dahulu akun Google Sites anda dengan Google Analytics. Lalu catatan kedua, pastikan Akun Gmail yang anda gunakan untuk membat website Google Sites, Akun Google Analytics dan Search Console adalah akun Gmail yang sama. Baiklah, berikut ini cara menghubungkan website Google Sites anda dengan Search Console.

 

 

Cara Menghubungkan Google Sites dengan Search Console

1. Kunjungi Google Search Console Disini

 

 

2. Klik “Mulai Sekarang”

 

mulai sekarang

 

Ketika anda memasuki halaman search console, anda akan diarahkan ke halaman yang ditunjukan oleh gambar diatas. Anda hanya perlu klik tombol “Mulai Sekarang”.

 

 

3. Pilih Awalan URL dan Masukan URL Website

 

pilih awalan url masukan url web

 

Setelah anda klik “Mulai Sekarang”, Anda akan diarahkan pada halaman yang tampil seperti yang ditunjukan pada gambar. Maka yang selanjutnya anda harus lakukan adalah pilih “Awalan URL”, masukkan URL Website yang anda buat dengan Google Sites, Klik “Terus”. untuk ke tahap selanjutnya.

 

 

 

 

4. Menunggu Verifikasi

 

tunggu sebentar untuk memerika verifikasi

 

Tahap menunggu verifikasi ini tidaklah memakan waktu lama, pastikan url website yang anda masukkan pada tahap sebelumnya sudah benar agar tidak terjadi kegagalan verifikasi.

 

 

 

5. Verifikasi Otomatis

 

Akun akan diverifikasi otomatis

Biasanya Search Console akan terverifikasi otomatis apabila anda memang sudah mengubungkan website google sites anda pada Google Analytics dengan Akun Gmail yang sama. Jikapun belum terverifikasi otomatis, anda dapat memilih langkah verifikasi melalui Analytics.

 

 

 

6. Melakukan Inspeksi URL

 

Pilih inspeksi url

 

Ketika anda telah memasuki halaman beranda search console, pilihlah Inspeksi URL pada kolom sebelah kiri seperti yang ditunjukan pada gambar diatas

 

 

 

7. Masukan URL Halaman Website Yang Telah Anda Buat

 

cek url halaman website

 

Anda dapat memasukkan halaman yang telah anda buat pada website Google Sites anda. Untuk memastikan sudah atau belumnya halaman website anda terindeks Google

 

 

 

8. Meminta Pengindeksan

 

minta pengindeksan

 

Jika halaman website anda belum terindeks, maka tampilan akan seperti yang ada pada gambar diatas, yang anda harus lakukan adalah mengklik “Minta Pengindeksan” untuk memasukan url website anda kepada daftar halaman yang harus diindeks google secara manual

 

 

 

9. Tunggu Beberapa Saat

 

tunggu beberapa saat

 

Proses tunggu kali ini bisa jadi memakan waktu dalam hitungan menit. Harap bersabar dan tunggulah beberapa saat sebelum anda klik “Batal”

 

 

 

10. Berhasil Meminta Pengindeksan

 

berhasil meminta pengindeksan

 

Saat anda berhasil meminta url halaman website Google Sites anda untuk diindeks, maka tampilannya akan seperti apa yang terdapat pada gambar diatas. Lakukan hal serupa untuk url halaman-halaman lain yang telah anda buat pada Google Sites. Namun jika tidak melakukannya pun tidak apa-apa, Google akan secara otomatis akan mengindeks halaman website anda apabila anda membuat situs menggunakan Google Sites, hanya saja perlu waktu yang cukup lama apabila anda ingin halaman anda terindeks otomatis oleh Google.Tujuan meminta Google mengindeks halaman anda ini agar halaman anda berada pada mesin pencari Google ketika pengguna mesin pencari mengetikkan kata kunci yang anda targetkan.

 

 

 

Memperpendek Link Website

 

 

Pada poin “Persiapan Sebelum Membuat Website” pada bagian “Shorten URL” di Atas telah dijelaskan bagaimana anda dapat membuat akun bit.ly. Maka pada tahapan sebelum promosi website ini, ada baiknya anda memperpendek Link website anda menggunakan bit.ly yang sebelumnya telah anda persiapkan mengingat link website yang dibuat dengan Google Sites cukup panjang. Berikut ini cara memperpendek link website yang anda buat dengan Google Sites:

Cara Memperpendek Link Website

Salin Link Dari Google Sites

 

Salin Link Website

 

1. Klik Icon Link pada bagian atas yang ditunjukan pada tanda panah nomor 1

2. Klik “Salin Link”

 

 

 

 

Masuk Ke Akun Bit.ly

 

Buka Bit.ly

 

Buka bit.ly kemudian masuk dengan akun yang sudah anda buat pada persiapan membuat website. sebelumnya. Sehingga tampilan bit.ly seperti gambar di atas.

 

 

 

 

Paste Link Website

 

Paste Link Website

 

Paste link website yang tadi pada poin pertama telah anda salin dari Google Sites

 

 

 

 

Ubah Link

 

Ubah Link

 

1. Ubah link sesuai keinginan anda. Yang terpenting link tersebut harus anda ingat. Pada contoh diatas, saya mengubah nama link sesuai dengan nama website yang saya buat di Google Sites. Jika nama link tidak tersedia atau telah digunakan orang lain, tambahkan angka yang anda ingat, tambahkan dash “-” atau ubah bentuk huruf menjadi kapital atau huruf kecil.

2. Klik “Save”

 

 

 

 

 

 

 

Promosi Website

 

Setelah anda selesai membaca cara membuat website gratis dengan google sites, kemudian anda mulai membuatnya sampai selesai sesuai tahapan yang telah dijabarkan di atas. Maka inilah saatnya anda mempromosikan website anda tersebut. Tidak perlu bingung, karena kami juga akan memberikan ide bagaimana anda dapat mempromosikan website anda tersebut, beginilah ide yang bisa kami berikan:

 

 

Sosial Media

 

 

Promosi Melalui Sosial Media

 

Anda bisa mempromosikan website anda dengan mempostingnya atau menyertakanlink website anda pada bio di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn dan media sosial lainnya. Anda juga dapat menyertakan link website anda apabila anda membuat penawaran melalui sosial media baik itu posting maupun pesan pribadi kepada seseorang.

 

 

 

Brosur

 

 

Promosi Melalui Brosur

 

Anda juga dapat menyertakan link website yang telah anda perpendek pada brosur penawaran usaha anda. Hal ini berguna jika pada brosur anda hanya dapat menyertakan informasi yang terbatas dan untuk informasi lengkap tentang apa yang anda pasarkan di brosur, anda dapat mengarahkan penerima brosur anda untuk menuju website.

 

 

 

Kartu Nama

 

 

Promosi Melalui Kartu Nama

 

Ide untuk mempromosikan website anda berikutnya adalah dengan menyertakannya link pada kartu nama anda. Hal ini akan memperlengkap informasi pada kartu nama anda. Cara promosi ini cukup berguna apabila anda sering menghadiri acara dan pertemuan dengan orang-orang baru.

 

 

 

Platform Chat

 

 

Promosi Melalui Platform Chat

 

Hampir semua orang yang menggunakan smartphone bisa dipastikan juga menggunakan platform chat. Anda bisa mempromosikan website anda melalui platform chat populer seperti WhatsApp, Telegram dan sebagainya. Anda bisa menyertakan website anda ketika ingin mempromosikannya baik itu melalui chat pribadi, chat di grup ataupun status seperti pada pkatform chat WhatsApp.

 

 

 

CV

 

 

Promosi Melalui CV

 

Apabila anda menggunakan Google Sites untuk membuat website yang berisi portofolio anda seperti yang saya lakukan di https://bit.ly/bachrialam Anda juga dapat menyertakan link website anda pada CV ketika anda ingin melamar sebuah  pekerjaan. Menyertakan website pada CV membuat anda dapat meminimalisir banyaknya halaman pada CV anda dan dapat memberikan anda nilai tambah tersendiri sebagai pelamar kerja.

Itulah panduan lengkap yang dapat menjadi cara anda membuat website gratis gratis yang bisa anda ikuti untuk membuat website yang benar-benar gratis menggunakan fitur canggih dari Google yakni Google Sites. Selamat mencoba membuat website profesional tanpa harus keluar biaya menyewa hosting dan domain.